APA ITU HYPNOSIS??? SELINTAS TENTANG HYPNOSIS

5 10 2009

Sebenarnya hipnosis telah ada pada awal peradaban manusia. Salah seorang pakar hipnoterapi mengaTakan bahwa hypnosis adalah ilmu tertua yang ada walaupun saat itu belum dilakukan secara ilmiah. Komunikasi yang bersifat persuasif dan memerintah adalah bentuk hypnosis yang paling awal, sekarang kita menyebutnya dengan istilah “SUGESTI”

Papirus Ebers yang usianya 3000 th lebih, menggambarkan bagaimana ternyata para penyembuh Mesir menggunakan prosedur hypnosis yang mirip dengan apa yang dipraktekkan sekarang

Oleh karena itu tak mengherankan jika pada bentuk awalnya Hypnosis dikaitkan dengan kegiatan ritual yang bersifat magis. Para ahli mistik jaman dulu melakukan praktek sugesti kepada banyak orang secara bersamaan untuk menimbulkan efek halusinasi visual dan auditori, untuk memperkuat kepercayaan terhadap kekuatan supranatural dam mistik.

Mereka melakukan pembacaan mantra berulang-ulang untuk memohon sesuatu. Setelah doanya dikabulkan makin kuatlah kepercayaan mereka terhadap apa yang telah dilakukan. Cara tersebut diulang lagi tanpa dipertanyakan lebih jauh. Apa yang diketahui oleh masyarakat jaman dulu adalah bahwa keinginan mereka dikabulkan dengan membaca mantra berulang-ulang.

Para penyembuh jaman dulu juga menggerakkan tangan mereka melayang diatas tubuh pasien yang dibaringkan diatas ranjang dan mulai membacakan mantra agar kesehatan fisiknya pasiennya membaik. Kata-kata (sugesti) mereka sangat dihargai dan direspek oleh pasiennya. Ini yang membuat kesembuhan pasien begitu cepat.
Setiap kata yang didengar dari sang penyembuh sangat dipercaya dan diyakini.

Pada jaman dulu sebelum hypnosis dapat dibuktikan secara ILMIAH melalui alat EEG( mesin untuk mengecek jantung), yang seringkali menggunakannya adalah para dokter. Betul!! Dokter!! kebanyakan para dokter jaman dulu menggunakan hypnosis walaupun istilah jaman dulunya bukan hypnosis tapi “mesmerisme”. Hypnosis digunakan untuk bantuan bedah. Pernah liat acara THE MASTER di RCTI? Ada waktu itu adegan Rommy Rafael yang menusuk kulit peserta denga jarum yang lumayan gedhe dan peserta ini tidak merasa sakit sama sekali. Itulah yang dIgunakan para dokter jaman dulu untuk melakukan bedah sebelum dikenal obat bius anestesi.

Jadi dari cerita singkat ini dapat disimpulkan bahwa hypnosis sudah ada sejak zaman dulu namun karena tidak dipertanyakan secara ilmiah pada zaman dulu, maka image hypnosis menjadi jelek dan rusak di masyarakat bahkan sampai saat ini. Jadi memang diperlukan usaha ekstra untuk menjelaskan bahwa hypnosis bukan sihir bukan ilmu hitam dan seterusnya yang berbau negatif. Semoga cerita ini membawa kesadaran baru pada kita.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: