MENGAPA ANAK SERING TERIAK DAN MENGEJANG

22 10 2009

Seringkali pertanyaan ini ditanyakan oleh para orang tua baik di seminar,maupun di milis…oke ini ada pertanyaan dari para orang tua dan jawaban saya, semoga membantu para orang tua untuk dapat lebih memahami anaknya

Dear alls….
 
Belakangan ini anakku BIRU (12bulan) kalo di larang main sesuatu (misalkan mainan kabel tv) atau hal2 lain yang berbahaya, selalu teriak2 dan seperti orang geregetan (mengejang), maunya semua keinginannya selalu di turutin. Padahal aku & suami berusaha untuk tidak selalu menuruti semua kemauan dia (apalagi yg sifatnya bisa membahayakan) .
 
Saya juga sudah mencoba mengalihkan perhatiannya untuk memberikan mainan, misalkan pada saat dia mencet kran dispenser atau mainan kabel tv, tapi tetap saja suka marah sambil mengejang.
 
Minta tolong saran ya…..
Salam hangat…… ………

Mengapa ini terjadi…?? Anak terutama umur 1 th sedang lagi asyik-asyiknya mengeksplore sesuatu yang dianggapnhya benda asing dan menarik baginya. Bahkan walaupun itu hal yang membahayakan baginya , si anak akan tetap tertarik.
Kita sebagai orang tua seringkali harus bekerja ekstra keras untuk memperhatikan kelakuan anak kita, Ketika ada hal yang membahayakan untuk anak kita, kita pasti berusaha melarangnya.
Nah, karena anak terus menerus dilarang, tiap kali mau melakukan apa dilarang, akhirnya anak merasa kesal. Anak merasa kebutuhannya untuk mengeksplore sesuatu selalau ditahan, Untuk pertama, kedua dan ketiga larangan itu berjalan sang anak masih bisa maklum. Namun begitu dia sering menerima larangan dia akan merasa kebutuhannya akan control tak terpenuhi dan akhinrya diluapkan dengan cara teriak.
Ya! Teriak! Habis bahasa apa lagi yang dia punya? Dia belum bisa ngomong khan..???Dan untuk memberitahukan keinginannya dia teriak…
Jadi sebaiknya tindakan kita untuk selalu melarang anak kita ketika melakukan sesuatu mulai dikurangi, Kalau hal itu adalah hal yang berbahaya mendingan kita menjauhkan masalah yang akan timbul dengan cara menaikkan barang yang akan menjadi sumber masalah ke atas sehingga luput dari jangkauan anak-anak. Dalam hal ini dispenser bisa dipindah ke tempat yang lebih tinggi dimana anak tidak akan dapat menjangkaunya.
Untuk permainan yang bisa diakali , ya dikasi aja..Kalo anak mau kabel TV, anda bisa berikan kabel TV yang tidak terhubungkan ke listrik.
Mainan yang anda berikan untuk pengalih perhatian juga harus sesuatu yang menarik atau belum pernah dilihat oleh anak sehingga anak mau menghentikan tangisnya. Jika mainan yang anda berikan sudah pernah dikenal anak dan anak tidak suka dengan permainan itu..ya sia sia saja anda memberikan permainan itu.
Oke semoga jawaban saya dapat membuka pikiran kita semua. Thx


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: