Membebaskan belenggu rokok dengan HIPNOTERAPI

19 11 2009

Program ini hanya untuk Anda yang ingin berhenti merokok secara TOTAL. Apabila Anda masih ragu dan hanya ingin mengurangi jumlah rokok yang Anda hisap setiap hari, maka saya tidak bisa membantu Anda.

Budaya merokok sudah dikenal berabad lalu, bahkan suku Indian kuno sudah  menjadikan budaya merokok sebagai bagian dari upacara adat mereka. Dari sisi psikis merokok bisa jadi merupakan perpanjangan kebiasaan bayi saat gelisah dan akan segera mencari “puting” ibunya yang dapat segera memberikan rasa nyaman. Didaerah bibir terdapat indra peraba (reseptor) korpuskulus yang sangat peka dan dapat meneruskan impuls ”nikmat” ke otak.

Seseorang yang merasa cemas akibat tidak mampu mengendalikan dirinya akan secara otomatis mencari zona nyamannya yang bisa didapat dari kebiasaan makan, tidur, menunda pekerjaan, malas, obsesif kompulsif dan salah satunya dari kebiasaan merokok.

 Mengapa Anda sulit berhenti merokok, meskipun ingin sekali?

Perokok tentu tahu tentang daftar panjang bahaya merokok seperti : tulang rapuh, kulit cepat kriput, gangguan pencernaan, kanker pita suara, resiko keguguran, leukimia, lahir prematur, kanker rahim, menstruasi terganggu, mata rusak, merusak gigi, kanker rahim, jantung, bayi cacat, kanker lidah, impoten,kanker tenggorokan, kanker paru, dsb.

Namun….. mengapa belum punya keinginan berhenti, atau jika sudah ingin berhenti, mengapa tetap sulit ?

Karena bahaya tersebut masih berupa “ancaman” dan belum menimbulkan ”kerugian” ataupun kesakitan yang nyata.

Sementara “nikmatnya” rokok sudah “terasa” dan memberikan rasa “nyaman” walaupun “palsu”.

Belum lagi perokok secara tidak sadar dibombardir terus menerus dengan pencitraan “seolah olah positif” seperti merokok itu “jantan” (apa hubungannyaantara rokok dengan kuda atau pemburu ?), merokok itu “pemberani” (apa hubungannya antara rokok dengan terjun payung ?), merokok itu “pahlawan” (apa hubungannya antara rokok dengan perayaan 17 Agustus ?), merokok itu “kreatif”(apa hubungannya antara rokok dengan iklan yang kagak nyambung ?)

 Demikian pula karena alasan sponsorship, adanya pencitraan merokok itu “berselera seni” (dihubungkan dengan pentas musik) dan yang lebih tidak waras lagi adanya pencitraan merokok itu “sehat” (dihubungkan dengan pertandingan tinju, sepak bola, bulu tangkis, voli dsb.)  

Itu sebabnya nasihat berhenti merokok terbaik tidak “bekerja” karena mereka memang sedang tidak “sadar” atau jika sadar mereka tidak tahu “cara” untuk memberhentikannya.

Mengubah kebiasaan memang tidak mudah karena kebiasaan adalah proses yang terjadi di pikiran bawah sadar. Pikiran bawah sadar pengaruhnya 8-9 kali lebih kuat dari pikiran sadar . Apalagi bila kebiasaan tersebut sudah berlangsung puluhan tahun dan di sekitar Anda banyak pendukungnya. Untuk berhenti merokok, tidak cukup dengan cara membulatkan tekad, melawan keinginan merokok, atau memaksa diri untuk berhenti merokok. Karena sifat dari kebiasaan dan kecanduan adalah: semakin dilawan, maka dia semakin kuat.

Bagaimana rasanya bisa lepas dari rokok?

Banyak orang tidak rela meninggalkan rokok karena takut akan kehilangan “ketenangan” yang biasa didapatkannya dari rokok. Bagi kebanyakan perokok, merokok menjadi mekanisme pelampiasan setiap kali pikiran tidak tenang.

Jika Anda berhenti merokok dengan hipnoterapi, Anda tidak perlu menderita menahan hasrat merokok. Anda pun bisa mendapatkan ketenangan pikiran tanpa harus menghisap rokok.

Berhenti merokok dengan hipnoterapi tidak menyebabkan kegemukan.

Beberapa orang yang memaksakan diri untuk berhenti merokok menjadi tidak mampu mengendalikan nafsu makannya, sehingga akhirnya terjadi obesitas. Hal ini terjadi karena mulut (yang biasanya menghisap rokok) menjadi protes dan melampiaskan protesnya kepada makanan.

Dengan hipnoterapi, pikiran dan tubuh Anda akan disinkronkan sehingga terjadi keputusan bersama untuk berhenti merokok. Dengan demikian, tidak ada bagian tubuh yang protes karena Anda mendadak berhenti merokok.

 Alasan yang BENAR dan SALAH untuk berhenti merokok.

SALAH: “Saya ingin berhenti merokok demi menghemat uang”

Harga rokok memang mahal bagi orang miskin, tapi sangat-sangat murah bagi orang kaya. Kalau Anda berhenti merokok karena alasan ekonomi, maka ketika uang banyak ada di tangan Anda, kemungkinan besar Anda akan merokok lagi.

ALASAN BENAR: “Saya ingin berhenti merokok karena saya tidak mau lagi diperbudak rokok. Saya adalah manusia merdeka yang bebas dari ketergantungan. Saya ingin hidup sehat“.

Jika Anda punya alasan seperti di atas, maka Anda akan berhenti merokok selamanya. Kok bisa? Ya bisa dong. Karena anda sudah mempunyai tekad untuk tidak mau diperbudak rokok dan anda ingin hidup lebih sehat. 

 Adakah alasan untuk tetap merokok?

Tentu saja ada. Banyak sekali malah. Kalau Anda seorang perokok sejati, saya yakin Anda punya ratusan alasan mengapa Anda harus merokok.

Saya pernah bertemu beberapa perokok, dan ketika saya bertanya “Mengapa Anda tetap merokok?”. Kebanyakan mereka menjawab dengan alasan yang sangat menyentuh hati saya, yaitu: “Ya… kalau saya berhenti merokok, nanti pabrik rokok pada bangkrut. Kalau pabrik rokok bangkrut, kasihan karyawannya di-PHK sehingga tidak mampu beli beras”. Entah, saya sendiri kurang tahu apakah alasan tersebut merupakan alasan yang sebenarnya atau hanya pembelaan atas ketidakmampuan untuk berhenti merokok. Apapun itu, saya sangat menghargai setiap orang yang memutuskan untuk tetap merokok, asalkan mereka juga menghormati orang lain yang tidak merokok.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk total berhenti merokok?

Sesuai pengalaman terapi yang sudah-sudah, hanya diperlukan 2-3 kali sesi hipnoterapi untuk membantu Anda terbebas dari rokok. Lama setiap sesi 2 jam. Setelah terapi pertama biasanya klien sudah tidak ada hasrat untuk merokok dan tidak bisa merasakan nikmatnya rokok lagi. Pada terapi yang kedua, biasanya hanya tinggal membereskan berbagai hambatan kecil yang kadang masih tersisa. Kalau masih ada hambatan lagi, baru diadakan sesi ke 3. Namun kasus ini jarang terjadi.

 Apakah hasilnya permanen?

Satu hal yang harus Anda ingat. Seseorang tidak akan mengubah apapun dalam dirinya, baik dengan atau tanpa bantuan orang lain, kecuali ada keinginan dan kesiapan dari dirinya sendiri untuk berubah. Meskipun hipnoterapi berhasil dilakukan, saya tetap tidak bisa memaksa Anda untuk meninggalkan rokok apabila anda belum berniat serius untuk berhenti total.

Setelah Anda menjalani hipnoterapi, pikiran dan tubuh Anda sudah tidak butuh rokok lagi, dan Anda tidak bisa merasakan nikmatnya rokok lagi. Rasa asap rokok yang Anda hisap adalah rasa asap tembakau yang sesungguhnya. Seperti waktu pertama kali anda mencoba rokok.

Hasil hipnoterapi akan bertahan lama jika anda tidak memulai belajar merokok lagi.

Beberapa klien yang sudah terbebas dari rokok, mengaku kadang masih iseng merokok ketika berkumpul bersama teman yang perokok dengan alasan untuk menghormati teman. Hal ini boleh saja Anda lakukan, karena merokok atau tidak adalah hak Anda. Namun kalau Anda serius ingin berhenti merokok selamanya, maka Anda seharusnya berani menolak. Kabarkan kepada teman-teman bahwa Anda sudah bukan perokok. Dengan cara ini, Anda tidak akan terjebak untuk belajar membiasakan diri dengan rokok lagi.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: