Mengatasi kecemasan dengan hipnoterapi

19 11 2009
Kecemasan adalah suatu kondisi psikologis individu yang berupa ketegangan, kegelisahan,kekhawatiran sebagai reaksi terhadap adanya sesuatu yang bersifat mengancam.Gejala Umum Kecemasan

 

Setiap orang mempunyai reaksi yang berbeda terhadap kecemasan tergantung pada kondisi masing-masing individu, beberapa simtom yang muncul tidaklah sama. Kadang beberapa diantara simtom tersebut tidak berpengaruh berat pada beberapa individu, lainnya sangat mengganggu.

1) Berdebar diiringi dengan detak jantung yang cepat.
Kecemasan memicu otak untuk memproduksi adrenalin secara berlebihan pada pembuluh darah yang menyebabkan detak jantung semakin cepat dan memunculkan rasa berdebar. Namun dalam beberapa kasus yang ditemukan individu yang mengalami gangguan kecemasan kontinum detak jantung semakin lambat dibandingkan pada orang normal.

2) Rasa sakit atau nyeri pada dada.

Kecemasan meningkatkan tekanan otot pada rongga dada. Beberapa individu dapat merasakan rasa sakit atau nyeri pada dada, kondisi ini sering diartikan sebagai tanda serangan jantung yang sebenarnya adalah bukan. Hal ini kadang menimbulkan rasa panik yang justru memperburuk kondisi sebelumnya.

3) Rasa sesak napas.

Ketika rasa cemas muncul, syaraf-syaraf impuls bereaksi berlebihan yang menimbulkan sensasi dan sesak pernafasan, tarikan nafas menjadi pendek seperti kesulitan bernafas karena kehilangan udara.

4) Berkeringat secara berlebihan.

Selama kecemasan muncul terjadi kenaikan suhu tubuh yang tinggi. Keringat yang muncul disebabkan otak mempersiapkan perencanaan fight or flight terhadap stressor

5) Kehilangan gairah seksual atau penurunan minat terhadap aktivitas seksual

6) Gangguan tidur

7) Tubuh gemetar

Gemetar adalah hal yang dapat dialami oleh orang-orang yang normal pada situasi yang menakutkan atau membuatnya gugup, akan tetapi pada individu yang mengalami gangguan kecemasan rasa takut dan gugup tersebut terekspresikan secara berlebihan, rasa gemetar pada kaki, atau lengan maupun pada bagian anggota tubuh yang lain.

8) Tangan atau anggota tubuh menjadi dingin dan bekeringat

9) Kecemasan depresi memunculkan ide dan keinginan untuk bunuh diri

10) Gangguan kesehatan seperti sering merasakan sakit kepala (migrain).

Kecemasan atau Anxiety disorder merupakan suatu keadaan pikiran dan perasaan yang ditandai adanya rasa cemas yang berlebihan.

Contoh seorang pelajar sering cemas seputar test, yang selalu cemas akan gagal meskipun dalam latihan dia mendapat nilai yang baik, seorang yang takut jatuh miskin meskipun bisnisnya lancar dan tabungannya banyak dan sebagainya.

Seseorang akan mengalami kesulitan untuk mengontrol rasa cemasnya. Situasi kehidupan yang penuh stress, berada di lingkungan stress, bisa menyumbang kecemasan. Gangguan ini bisa dimulai kapan saja dalam kehidupan, termasuk saat masih kecil. Banyak orang melaporkan bahwa mereka mengalaminya sudah lama sejauh yang dapat mereka ingat. kecemasan terjadi lebih sering pada wanita daripada pria.

Metode yang digunakan untuk mengatasi kecemasan adalah metode hipnoterapi, dimana dengan menggunakan metoda ini klien dibimbing untuk masuk ke pikiran bawah  sadar dan dicari akar masalah penyebabnya dan kemudian diedukasi ulang. Apabila akar masalah sudah beres,maka dapat dipastikan bahwa klien tidak akan mengalami kecemasan yang berlebihan lagi.


Aksi

Information

17 responses

22 12 2009
susan

dimana sy bs berkonsultasi mengenai masalah sy & brp biaya nya?

22 12 2009
jimmyksantosa

salam kenal ibu susan,
terimaksih atas pertanyaannya. Saya sudah jawab ke email ibu. Semoga membantu

8 01 2010
yanto

untuk trauma yg berat atau luka batin bisa efektif tidak penyembuhannya?? prosesnya brp lama? biayanya berapa? dimana? trimks

8 01 2010
jimmyksantosa

halo pak, salam kenal
untuk trauma maupun luka batin dapat disembuhkan.
Sebelum diterapi ketika kita mengingat trauma atau luka batin , biasanya kita akan langsung marah, jantung deg2 an , cemas dsb
Setelah terapi ketika kita mengingat peristiwa itu kita akan biasa saja,dan semua masalah emosi itu hilang (marah,cemas, takut,jantung deg2 an dsb)
Proses tergantung masalah dan kemauan dari klien, jika kemauan dari klien sangat besar untuk berubah, hal ini akan mempercepat proses.
Terapi diadakan dengan hitungan sesi, 1 sesi sekitar 2 jam. Untuk kasus trauma atau lukan batin bisa 1 sesi jika masalah trauma/luka batin tersebut tidak begitu kompleks, 2-4 sesi jika masalahnya sangat kompleks.

semoga keterangan ini bermanfaat.

salam syukur penuh kepasrahan,

Jimmy K Santosa,C.Ht
Parenting Counselor & Mind Therapist

20 03 2010
ema

Utk anxiety disorder brp lama terapi dibtUhkan? Brp biayanya?

21 03 2010
jimmyksantosa

untuk masalah anxiety disorder biasanya 1-2 sesi. Masalah biaya silahkan japri ke jimmyksantosa@gmail.com. Satu sesi sekitar 2 – 2,5 jam

3 06 2010
roy rowan

apaksh dgn hipnoterapi klien bisa sembuh permanen atau hanya bersifat sementara sajs

4 06 2010
jimmyksantosa

hai pak roy, bisa sembuh dengan PERMANEN pak. Kecemasan yang sekarang dirasakan adalah karena mengalami suatu kejadian tertentu dimasa lalu itu bisa sembuh secara PERMANEN.
Kalaupun muncul kecemasan yang berlebihan lagi suatu saat , SUMBERNYA pasti BARU dan bukan yang setelah diterapi.

Phobia juga bukan berarti ga bisa muncul lagi setelah diterapi. Kalau klien mengalami KEJADIAN TRAUMATIS LAGI maka klien bisa phobia lagi. Jadi yang dimaksud SUMBER itu kejadian traumatisnya, bukan obyek phobianya.
semoga bermanfaat.

26 06 2010
chris

Bagus..sekali. Banyak orang dewasa hidup dengan banyak trauma. Kalau boleh dikirim or posing tips dengan hipnoterapi. Terimakasih sebelumnya

23 08 2010
vicky

saya mempunyai masalah dengan keringat, saya sering berkeringat berlebihan di sekujur badan, keringat ini keluar jika saya merasa kepanasan dan kadang2 tanpa sebab yang jelas, tiba2 saja badan saya memproduksi keringat yang membuat badan saya basah..
saya merasa sangat tidak nyaman dan tersiksa dengan penyakit ini, apa jenis penyakit seperti ini juga bisa diobati dengan hipnoterapi??
mohon dibalas ke email saya..
terimakasih..

24 08 2010
jimmyksantosa

sudah saya balas ke email anda. thks

27 08 2010
kiki

saya mempunyai mslh sperti sdr vicky,,mhon bantuannya,,terimakasih.

27 08 2010
jimmyksantosa

saya sudah balas ke email anda.thks. INtinya bisa diatasi dengan hipnoterapi. Semoga menjawab.thks

28 08 2010
kiki

mau tnya dmna sya bsa brkonsultasi dan brpa biayanya serta brpa bnyk biaya yg hrus dkluarkan,?terima kasih.

28 08 2010
jimmyksantosa

untuk mengenai biaya dan tempat anda bisa klik di http://klinikhypnotherapy.wordpress.com/tempat-praktek/
Btw saya coba email ke anda tapi fail terus…thks

22 10 2011
topan

untuk anxiety disorder terapinya brp sesi dan biayanya?

22 10 2011
jimmyksantosa

silahkan anda kontak ke 085.880.960.920 . thanks

Tinggalkan komentar