SEKALI LAGI TENTANG HIPNOTERAPI

26 11 2009

Sekali lagi tentang HIPNOTERAPI
Setelah saya memasang iklan di tabloid Harapan Indah, banyak telpon yang menanyakan tentang hipnoterapi. Apakah hipnoterapi itu?
Hipnotis?
Gendam?
Tidak punya kontrol diri?
Tidak sadar?

Sebenarnya hal ini sudah saya bahas dalam artikel sebelumnya, tapi saya bahas lagi disini untuk semakin menambah wawasan kita tentang hipnoterapi.

Hipnoterapi itu hipnotis? BUKAN!
Hipnotis adalah orang yang melakukan hipnosis, seperti pianist untuk pemain piano. Hipnoterapi adalah pengembangan dari hipnosis yang dipergunakan untuk menerapi.

Hipnoterapi itu seperti gendam? Bukan, hipnoterapi dapat dibuktikan dengan alat yang ilmiah yaitu EEG. Kalo gendam itu ilmu lain lagi dan saya tidak belajar itu.

Tidak punya kontrol diri dan tidak sadar? BUKAN juga. Disini saya akan ceritakan pengalaman saya ketika menerapi klien yang membuktikan bahwa kita masih punya kontrol diri dan tetap sadar.

Ada klien yang ketika saya terapi , dia bilang dia udah ngerti tentang hipnoterapi dan ketika saya tanya apakah ada pertanyaan? Dia jawab “Tidak!”

Taukah anda waktu sesi terapi dimulai dia MEMAKAI apa? Benda suci sesuai dengan keyakinannya…!!! Dalam hati saya tersenyum dan berkata

“waduh, katanya udah jelas tentang hipnoterapi, ini kok masih pake “acara” begituan..”

Ternyata klien masih takut dengan hipnoterapi..dia masih berpikiran bahwa itu bahaya dan ga punya kontrol diri.

Biasanya sebelum sesi terapi dimulai saya bilang kepada klien
“ Ayo kita latihan dulu, kamu aman kok..aku ada disampingmu”
Oke sesi latihan dimulai, rileksasi pikiran beberapa menit kemudian saya bawa dia ke tempat kedamaian dan kemudian saya akhiri. Apa komentarnya?

“Ooh ternyata gitu tho…!”

“Ya iya …Cuma gitu aja…nyaman kan?”

“Iya nyaman, .dan tenang….ga seperti yang aku bayangkan..”

“Tetep punya kontrol diri kan..? kamu tetep denger apa yang aku
bilang dan kamu juga bisa ga jawab kalau kamu ga mau jawab kan?”

“Iya…”

THAT’S IT! Itulah hipnoterapi!

Apa yang selama ini anda lihat di TV itu adalah untuk hiburan semata, jadi harus dibuat sedemikian rupa supaya menarik. Dan itu adalah sah2 saja karena tujuannya adalah entertainment.

Semoga ini membuat anda lebih jelas lagi.


Aksi

Information

Tinggalkan komentar