BAGAIMANA CARA HIPNOTERAPI MENGHILANGKAN PHOBIA

15 12 2009

Dalam artikel sebelumnya sudah dibahas apa itu phobia dan macam2 phobia, Cuma kita belum menyorot lebih jauh tentang caranya menghilangkan phobia dengan hipnoterapi. Disini saya akan jelaskan lebih lanjut.

Contoh kasus: phobia  gelap

Yang dilakukan untuk pertama kali adalah membawa klien mengalami relaksasi pikiran, sehingga gelombang otak klien turun ke gelombang alfa atau theta.  Setalah dipastikan gelombang otaknya sudah rileks, maka dimulailah mencari akar masalah dari phobia gelap itu.

Pertama kali klien diminta untuk mengingat  kembali peristiwa pertama kali dia mengalami ketakutan pada kegelapan. Emang bisa inget? Mungkin itu pertanyaan anda. Bisa ! Karena kondisi otak kita sedang rileks tanpa beban apapun , maka pikiran kita bisa mengakses semua  memori yang pernah kita alami.

Singkat cerita akhirnya klien bisa mengingat kembali  pertama kali dia mengalami ketakutan dengan gelap, ternyata klien  mulai takut gelap ketika umur 3 th . Waktu itu dia tidur dengan saudaranya yang lebih muda  dan tengah malam dia terbangun dan yang dilihatnya hanyalah gelap gulita.

Ini membuatnya merasa cemas dan takut. Disinilah inti permasalahannya. Klien merasa CEMAS dan TAKUT, klien merasa TIDAK AMAN.

Untuk orang dewasa, bangun tengah malam dan gelap sudah merupakan hal yang  normal atau biasa. Namun bagi anak kecil umur 3 th , itu adalah peristiwa LUAR BIASA, karena pemahaman anak belum sedalam orang dewasa. Pengalaman ini diinget terus dan akhirnya  jadilah dia phobia gelap.

Dengan teknik 2  tertentu, yang tidak dapat saya bahas disini karena  sangat teknis,  akhirnya klien dapat menghilangkan rasa CEMAS, TAKUT, dan TIDAK AMAN tersebut pada umur 3 th tersebut. Rasa CEMAS,TAKUT, TIDAK AMAN digantikan dengan perasaan NYAMAN, AMAN di gelap.  Begitu rasa CEMAS, TAKUT  dan TIDAK AMAN itu hilang, berganti dengan rasa NYAMAN, dan AMAN maka seketika itu juga hilang pulalah ketakutannya akan Gelap.

Itulah yang dilakukan hipnoterapi, mengedukasi pikiran bawah sadar untuk memaknai ulang apa yang menyebabkan hal itu terjadi

Dengan hipnoterapi,

— tidak memakai obat2 an

—-tidak ada efek samping, yang ada hanyalah EFEK KE DEPAN!  Yap!! Kedepannya klien  tidak  lagi phobia gelap, klien akan  merasa nyaman dengan gelap dan bisa bersahabat dengan gelap.

salam syukur penuh kepasrahan,

Jimmy K Santosa

Parenting Counselor & Mind Therapist


Aksi

Information

One response

16 12 2009
Ian

Penjelasan yg sangat bagus,penjelasan ini tidak aku temukan di situs hipno lainnya. Thx pak!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: