TIPS MENGHADAPI PEREBUTAN MAINAN ANTARA ANAK USIA 1 TH (FASE 1)DENGAN USIA 4 TH (FASE 2)

3 01 2010

Alo temen temen semua,

Apakah ada diantara temen2 yang mempunyai 2 anak dengan umur 1 th dan 4th, dan dua2nya cowok pula???:)

Sering ga merasakan bagaimana mereka sering bertengkar karena rebutan barang, dan akhirnya ketika kita nengahin , hasilnya masih ga bener juga?

Penting untuk diketahui terlebih dahulu fase normal yang diilalui anak untuk dapat mengatasi hal ini.

Fase anak usia 1-3 disebut juga fase egosentris (FASE 1)

Pada fase ini seorang anak akan merasa dirinya adalah pusat dari segala-galanya. Kemauannya keras dan ingin selalu dipenuhi. Di fase ini anak ingin didahulukan, tidak sabaran dan belum bisa berbagi atau memahami orang lain

Fase 4-6 th disebut juga fase Gang Age (FASE 2)

Pada fase ini anak cenderung ingin diterima oleh orang lain atau kelompoknya dengan cara meniru perilaku teman-teman di kelompoknya.  Pada fase ini peran serta orang tua unuk menjelaskan menngenai nilai nilai baik atau buruk dari perbuatan yang anak lakukan, karena pada fase ini anak belum memiliki acuan pemahaman tentang baik atau buruk . Pada fase ini juga  anak sudah cenderung bisa berbagi denganyang lain.

Jadi sekarang anda paham dengan anak anda kan ? Kenapa anak anda bisa  sangat egois , tidak bisa berbagi dan ada kecenderungan untuk meniru temennya ataupun meniru sesuatu yang dilihatnya?

Sekarang bagaimana caranya apabila anak anda berebutan mainan?Tidak perlu memerintah sang kakak untuk memberikan pada sang adek, tidak perlu marah-marah pada sang kakak atau sang adek, coba anda pakai taktik dibawah ini ya. . .semoga membantu

Kumpulkan dahulu permainan sang kakak, kemudian minta sang kakak memilih barang2 yang diakui sebagai milik dia,dan mana barang barang yang bisa dipinjmam/dipakai sang adek.

Minta sang kakak  untuk meminjamkan barang yang sang kakak RELA untuk meminjamkannya pada sang adik.

Ingat lho….sang kakak khan uda fase 2, jadi dia cenderung untuk bisa berbagi. Disamping itu dengan anda menanyakan kepada sang kakak, barang mana yang merupakan kepunyaan dia, sang kakak merasa DIHARGAI dan DIAKUI. Ini penting, karena ini merupakan kebutuhan dasar anak.

Setelah sang kakak memilih mainannya yang boleh dipinjmakan ke sang adek , anda bilang ke sang kakak “TERIMAKASIH,KAKAK HEBAT MAU BERBAGI AMA ADEK!”  Ini adalah bentuk sugesti pujian yang akan menaikkan  harga diri sang kakak dan akan semakin rela untuk berbagi denga sang adek.

Kemudian kepada sang adek, kita berikan mainan yang diijinkan oleh sang kakak. Apabila sang adek tidak mau, berikan mainan yang lain. Apabila ga mau juga, sekarang anda ganti taktik. Anda mewakili adek, PINJAM mainan sang kakak yang diinginkan oleh adek.

Anda cukup bilang “DIPINJAM SEBENTAR YA…,NTAR DIKEMBALIIN KOK!”

Biasanya sang kakak akan meminjamkan. Setelah sang kakak mau meminjamlan katakan pada sang kakak, :KAKAK HEBAT! Berikan pujian untuk kebaikannya meminjamkan mainannya pada sang adek.

Sekarang kasusnya dibalik, jika sang kakak pengen mainan sang adek. Anda cukup bilang pada sang kakak untuk PINJAM sama adek. Kalo adek ga mau, minta sang kakak untuk mencari MAINAN PENGGANTI buat sang adek.

Biasanya anak umur 1 th(fase 1) masih relatif gampang untuk ditukar mainannya dengan mainan lain. Sang Kakak tidak boleh langsung merebut mainan dari sang adek, ajar sang kakak untuk menghargai hak milik orang lain.

Semoga membantu,

Salam syukur penuh kepasrahan

Jimmy K Santosa

Parenting Counselor &  Mind Therapist


Aksi

Information

One response

5 01 2010
Sandra

Thx buat artikelnya,sangat mencerahkan..pas bgt ama persoalan yg br aku hadapi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: