BAHASA INDONESIA ITU PENTING

21 01 2010

Baru-baru ini saya mendengar ada beberapa orangtua yang berkeluh kesah mengenai pendidikan anak mereka. Setelah diselidiki lebih lanjut ternyata yang menjadi masalah adalah anak mereka yang kelas 4 SD, di salah satu sekolah terkenal, lagi pusing karena akan ujian CaLisTung (membaca, menulis, dan berhitung).

Lho, ujian CaLisTung saja kok dipusingkan? Apa sih yang sulit?

Ternyata setelah ditanya lebih jauh baru diketahui bahwa sekolah ini adalah sekolah nasional plus dan menggunakan bahasa pengantar bahasa Inggris dan Mandarin. Porsi penggunaan bahasa Indonesia tidak terlalu banyak.

Nah, masalah muncul karena anak yang terbiasa menggunakan bahasa Inggris dan Mandarin ini harus mengerjakan ujian dalam bahasa Indonesia. Sudah tentu anak mengalami kesulitan saat mengerjakan soal. Anak tidak bisa bukan karena tidak menguasai materi namun lebih karena faktor hambatan bahasa.

Akibatnya tidak hanya anak dan orangtua, guru di sekolah juga pusing. Dan tidak mungkin untuk menggenjot kemampuan bahasa hanya dalam sekejap. Untuk menguasai keterampilan berbahasa yang baik dan benar dibutuhkan waktu.

Ini satu hal yang mungkin tidak atau kurang diperhitungkan orangtua saat memilih sekolah untuk anak mereka. Dan yang juga harus sungguh-sungguh diperhatikan yaitu saat kelas 6 SD nanti anak akan menjalani ujian nasional dalam bahasa Indonesia.

Sumber : Adi W Gunawan


Aksi

Information

One response

21 01 2010
David

Memang sangat penting

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: