Bagaimana HARGA DIRI anak Anda?(bagian 1)

5 02 2010

Di bagian 1 ini kita bahas dulu apa itu harga diri. Harga diri itu adalah perbandingan antara diri ideal dengan citra diri ideal . Apaan lagi tuh? Begini nih….

DIRI IDEAL

Ini  biasanya dibentuk saat kita kecil masih anak-anak. Siapa yang bentuk ? orang tua dan lingkungan kita. Sering kan waktu kecil  misal kita dibilangin ama ortu :

”Kamu pintar matematika lho , kamu dapet 90 – 100 tiap kali ulangan”

“ Kamu anak baik, kalau . . . . ”

Dari situlah terbentuk konsep DIRI IDEAL.  Oleh karena itu ketika anak masih kecil bentuklah diri ideal anak anda dengan nilai atau norma yang positif, seperti kejujuran , suka menolong, senang bersyukur dll.

Pillihlah cerita yang mendukung diri ideal yang kamu mau tanamkan ama anak anak kamu. Jadi mulai sekarang selektiflah membaca buku cerita ya….

CITRA DIRI

Ini adalah cara anak memandang dirinya seperti apa. Jadi citra diri itu adalah gambaran anak tentang dirinya di masa sekarang.

Contoh nih…

Anak bilang : “Aku ga pinter matematika “. Kenapa? Karena dia sering dapat nilai jelek dan dia akhirnya memvonis dirinya itu ga pinter. Tau dari mana? Ya tau dari orang tuanya kalau anak pinter itu dapat nilai 90 -100 tiap kali ulangan….ini kan konsep DIRI IDEAL yang udah ditanamkan ortunya kan? Masih nanti ditambah masukan dari lingkungan.

HARGA DIRI

Ini adalah perbandingan antara Diri Ideal dengan Citra diri .  Apabila perbedaan itu besar anak akan merasa dirinya tidak berharga,  anak akan minder.  Padahal  untuk meraih kesuksesan dimasa yang akan datang  yang mungkin sekitar 20 th lagi bagi anak2 anda adalh harga diri sehat. Anak dengan harga diri sehat akan mudah membawa diri dimanapun ia berada, dia akan tetap merasa berharga ketika harus berkumpul dengan teman2nya yang  lebih  pintar atau  ketika harus berkumpul/bergaul dengan temannya yang lebih kaya dsb

Jadi sekarang taukah  temen2 bagaimana mengetahui harga diri anak temen2?…..(bersambung)


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: