gimana cara meningkatkan HARGA DIRI anak ?

22 02 2010

Setelah kemaren saya posting tentang harga diri, ada banyak pertanyaan …wah pak jim gimana dong kalau ternyata anak saya ga merasa dirinya hebat? Untuk menjawab pertanyaan itu berikut beberapa hal yang dapat digunakan untuk menyehatkan kembali harga diri anak anda. Tapi semuanya ini tidak akan berhasil jika anda tidak melakukannya dan anda harus bersabar dalam melakukannya karena prosesnya tidak bisa instant.

1. Cari tau alasannya

Ketika anak anda berkata:” saya tidak hebat kok” Apa yang anda lakukan? Apakah ini….?

“hei nak kamu itu anak hebat lho!”

“gimana sih kamu ini…kamu kan matematika dapet 90 -100 , kok bisa bilang kamu ga hebat?”

“ola la nak..kamu itu tak sekolahin di sekolah ternama kok bilang ga hebat , gimana tho?’

Sebaiknya anda tanya :

 “kenapa kamu bisa bilang gitu..?”

Tanya si anak sampe ketemu jawabannya,

kalau takut anda bisa bilang: “mama/papa ga akan marah kok, bilang aja..”

Intinya  cari tau PERASAAN apakah yang dialami anak sebenarnya.

2. Ubah pendekatan anda selama ini

Kalau sudah tahu ternya selama ini anak anda merasa ga hebat karena merasa dia ga pernah dibilang hebat, mulai sekarang pujilah dia untuk semua USAHA yang dia lakukan.

 Kalau dia merasa ga hebat karena selalu dipandang ga bener semua kelakuannya dihadapan mama papa….introspeksilah dengan diri anda. Jangan marah dulu, karena ini kesempatan anda untuk menjadi lebih baik.

 3. Selam a melakukan hal ini, anda jangan lupa berikan sentuhan fisik bisa berupa memegang bahu anak anda, memangkunya, atau membelainya….usahakan pula saat kontak mata, mata anda sejajar dengan mata anak anda

 4. Tidak ada salahnya sekali sekali merayakan keberhasilan yang anak anda lakukan dengan makan diluar secara mendadak. Untuk kejutan dan pastinya anak anda akan merasa senang

5. Mulai sekarang jika anak anda dibawah 10 th :

sugestikan “makin hari kamu makin hebat nak…. “(untuk kemajuan yang dia lakukan pada hari itu. )

Bisa ketika dia membersihkan kamarnya sendiri(walaupun belum rapi benar menurut pandangan anda)—“mama yakin kamu semakin hari akan semakin bisa lebih rapi ketika membersihkan tempat tidurmu”

Untuk anak > 10 th : gunakan alat bukti. Maksudnya kalau dia mengalami peningkatan dalam nilainya anda bisa katakan: “nilaimu makin baik, kamu semakin hari semakin pinter”

 Selamat menikmati perubahan dalam hidup anda…..

Salam,

Jimmy K Santosa

SELALU BERSYUKUR DAN BERSERAH DALAM SETIAP LANGKAH

HIPNOTERAPIS

TRAINER SEKOLAH ORANG TUA


Aksi

Information

4 responses

1 05 2010
Ibeth

dimana lokasi sekolah bapak, sy sungguh ingin belajar jg ingin belajar hipnotis untuk saya sendiri dan jg mungkin akan berguna bagi anak2, terima kasih

2 05 2010
jimmyksantosa

jika anda ingin belajar bisa ke akademi hipnoterapi indonesia, ini adalah sebuah tempat untuk belajar hipnoterapi dengan dalam dan tepat.

17 09 2010
olala

permisi pak.. utk fobia sosial ampuh gak di hipnoterapi? berapa kali pertemuan biasanya? saya sudah lama kena tapi baru menginjak remaja ini baru saya sadari dan smakin parah.
Tks

17 09 2010
jimmyksantosa

hai..hipnoterapi bisa membantu mengatasi phobia sosial, biasanya 2 -3 kali pertemuan. Untuk tentang biaya dan tempat bisa ke http://www.klinikhypnotherapy.wordpress.com thks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: