MEMBUAT ANAK MERASA HEBAT

12 06 2010

Hai temans…Jika beberapa waktu yang lalu saya berikan artikel untuk mengetahui bagaimana harga diri anak anda dengan pertanyaan yang sederhana. Maka sekarang di artikel ini saya akan men-share suatu metoda yang mudah diterapkan untuk menerapkan konsep HEBAT pada anak .

Sebelumnya saya mau tanya nih..bagaimana  selama ini  anda membuat agar anak anda merasa hebat? Atau bahkan anda sama sekali tidak pernah megatakan kepada anak anda bahwa dia itu anak hebat?

Memberikan pengertian pada anak bahwa dia hebat lebih baik dilakukan sejak dini bahkan ketika anak belum berusia 2 th. Tenang..saya juga men-share untuk anak anda yang berusia 5 th keatas. Oke ….Apa yang dapat anda lakukan?

Ide ini terinspirasi dari  ibu MELLY KIONG …Begini idenya dan ini juga sudah saya terapkan sama anak saya:

Siapkan sebuah kertas kosong, dan isilah kertas kosong tersebut dengan  hal hal hebat yang telah dilakukan anak anda.

Sebagai contoh:

Tgl 15 mei 2010 Nickei membantu membersihkan cuci mobil—>hebat karena telah MAU membantu

Tgl 22 Mei 2010 Nickei mengecat pohon dengan air–> Hebat karena KREATIF

Tgl 1 Juni 2010 Nickei bisa membedakan warna kuning dan hijau

Dst…

Apakah cukup dengan hanya menulis? tentu saja tidak…anda bacakan prestasi itu kalau udah banyak, mungkin 10 hal atau 15 hal kepada anak, dan katakan bahwa itulah artinya HEBAT. Anak dibawah 2 th mungkin belum mengerti , tidak masalah karena semua ucapan kita terekam semua di pikiran bawah sadarnya.

Jadi sejak dini anda sudah tanamkan bahwa dia itu hebat karenaà MAU membantu, KREATIF, bisa BEDAKAN warna sejak dini dan juga katakan : MAMA PERCAYA SEMAKIN HARI NICKEI SEMAKIN HE . . .(Suruh si anak melanjutkan sendiri )

Mungkin ada yang protes …bagaimana kalau anak saya udah 5 th ke atas???

Sama saja, tapi anda harus lebih DALAM dalam memberikan kriteria hebat, maksudnya yang lain dari biasanya yang biasanya dilakukan sehari hari.

Dan anda bisa membacakannya juga sama seperti diatas, atau anda bisa berikan dalam surat tertutup dan kirimkan lewat pos atau apapun itu, carilah sesuatu yang bisa membuat anak surprise dan membuat anak semakin bahagia ketika membuka surat itu. Anda bisa pakai cara lain , gunakan ide kreatif  anda yang luar biasa.

Dan kabar bagi temans yang tinggal di bekasi dan sekitarnya, jika tidak ada halangan saya akan ON AIR  di radio Gaya 93.6 FM setiap hari Selasa pagi jam 9-10 pagi mulai tanggal 22 juni besok. Nantikan siaran saya ya…:)

Semoga bermanfaat

Salam hidup lebih baik

Jimmy K Santosa

Terapis

Trainer Sekolah Orangtua


Aksi

Information

2 responses

13 06 2010
Tony Karyadi

Luar biasa P Jimmy, banyak hal yang telah kita lakukan yang sangat membuat anak kita merasa dirinya tidak bisa apa-apa. Terima kasih atas tulisannya Tuhan Berkati.

13 06 2010
jimmyksantosa

sama sama pak, Tuhan berkati

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: