EPISODE MEMOTIVASI: MEMOTIVASI ANAK DENGAN CARA MENAKUT-NAKUTI

18 06 2010

Beberapa hari yang lalu saya mendapat cerita dari asisten rumah tangga saya(istilah lain untuk orang yang telah membantu kita dalam rumah) kalau ada anak tetangga, sebut aja namanya FELLY(bukan nama sebenarnya) ketakutan sama kecoa karena waktu di kamar mandi kakinya pernah digeremeti/dirayapi oleh kecoa ini.

Yang menjadi menarik adalah : setiap kali si Felly ini tidak menurut perintah orang tuanya, selalu dibilang: “nanti mama masukin kamu ke kamar mandi biar digeremeti / dirayapi ama kecoa” Dan akhirnya si Felly menuruti perintah mamanya.

Atau mugkin peristiwa yang umum:

Ayo udah magrib …pulang, nanti kalau ga kamu diculik ama orang yang bawa karung lho!

atau ini..
ayo pulang…kalo ga pulang nanti pintu pagar tak gembok biar kamu ga bisa masuk

atau mungkin ini. .
ayo cepetan tidur ..kalao ga tidur nanti ada setan /wewe gombel lho!

Atau masih banyak yang lain..

Bagi kebanyakan orang menakut-nakuti anak untuk memotivasi atau melakukan yang diinginkan orangtuanya adalah hal yang enak dilakukan karena EFEKTIF dan TIDAK REPOT

Namun orang tua tidak pernah memperhitungkan efek samping dari kata-katanya yang memotivasi dengan cara negatif. Untuk kasus Felly, kalau diterusin terus anak bisa benar2 menjadi PHOBIA ama kecoa dan yang lebih parah bisa PHOBIA ama kamar mandi.

Yang bener PHOBIA ama kamar mandi? Betul, ada temen saya yang mengalami hal seperti ini phobia kamar mandi, karena waktu kecil pernah mengalami peristiwa traumatik yang berkaitan dengan kamar mandi.
Kalau menakuti –nakuti terus menerus tentang setan, anak akan takut setan dst.

Sebagai penutup saya perlu jelaskan bahwa tindakan menakut-nakuti ini apabila dilakukan BERULANG-ULANG dan atau ada kejadian yang MEMBENARKAN apa yang ditakut-takutin itu maka baru kemungkinan besar anak akan phobia atau trauma. Kalau hanya sesekali sih ga masalah, namun sebaiknya juga dihindarkan.

Oya , bagi anda yang berada di Bekasi dan sekitarnya nantikan siaran perdana saya di Radio Gaya FM 93.6 FM tentang Parenting, setiap hari Selasa , mulai tgl 22 Juni 2010 dari jam 10 -11

Salam hidup lebih baik
Jimmy K Santosa,Cht
Terapis
Trainer Sekolah Orangtua


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: